GROWING GREAT GENERATION

FAQ
SEKOLAH ALAM BAMBU ITEM


IKUTI KAMI

         

1. Sekolah Alam Bambu Item adalah sekolah yang menggunakan alam sebagai media belajar untuk mengenal Tuhannya (Allah).

Misalnya, saat anak belajar tentang tumbuhan, fungsinya, bagian-bagian tumbuhan, anak akan kagum pada kerumitan tumbuhan dan akhirnya mengagumi kebesaran Alloh yang menciptakan tumbuhan tersebut.  Ujung dari semua pembelajaran haruslah pada Kebesaran dan Kekuasaan Alloh SWT.

Makanya dalam pembelajaran, Sekolah Alam mengunakan pendekatan yang holistik/menyeluruh.  Menggunakan nama Sekolah Alam Bambu Item, diambil dari nama lokasi sekolah sebagai salah satu kekhasan nama sekolah alam.  Hal ini juga salah satu upaya mengembangkan insitu development (membangun daerah dimana sekolah berada).

2. Sekolah yang fokus pada pembentukan karakter

Kami yakin karakter sebuah bangsa sangat penting bagi keberlangsungan dan kemajuan bangsa tersebut. Karakter yang dimaksud adalah akhlaq Islamiyah, misalnya kerja keras, tanggungjawab, cinta kebersihan, kemandirian.

Semua kegiatan di sekolah alam terkait dengan pembentukan karakter tersebut.  Misalnya outbond, berkebun, fun cooking, outing, camping, romadhon camp, dll.


3. Sekolah yang mengembangkan seluruh potensi anak dengan Talents Mapping.

Kegiatan/aktifitas sangat beragam, dilakukan secara berulang dan anak dilatih berinteraksi dengan banyak orang sehingga bakat setiap anak terstimulasi.  Sekolah juga meyakini bahwa setiap anak adalah Bintang. Setiap anak cerdas, setiap anak mempunyai bakat.  Guru berkerjasama dengan orang tua, harus bisa menemukan dimana kecerdasan masing-masing anak.  Dukungan sekolah terhadap pengembangan kecerdasan majemuk ini terlihat dari beragamnya kegiatan wajib dan ekstrakurikuler  di sabit. Kegiatan wajib yakni membuat buku, outbond, berkebun, fun cooking, outing, camping, romadhon camp, bisnis, melukis, dan music.  Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler meliputi seni melukis dg acrylic dan crayon, organ, angklung, perkusi, futsal, robotic dan panahan.

Menjadi eksosistem penumbuh kebaikan dan penggerak perubahan

Menumbuhkan generasi pemimpin yang berakhlaq, cerdas dan mandiri

Visi dan Misi ini yang menjadi tujuan dari semua kegiatan di SABIT.

Izin Operasional :  421.2/191-Disdik/2009 Tanggal 12/2/2009

NPSN    :  20254250              (NPSN: No Pokok Sekolah Nasional)

NSS    :  102020202104      (NSS: No Statistik Sekolah)

Akreditasi    :  A nilai 92 tahun 2019

Metode yang dikembangkan di SABIT adalah fun learning, contextual learning, learning by doing, eksperient learning

Fun learning: belajar dilakukan dengan gembira

Contextual learning; belajar dengan menghubungkan apa yang dipelajari dengan kejadian yang terjadi di lapangan/di masyarakat

eksperience learning; belajar sambil melakukan karena pengalaman adalah guru yang terbaik

Konsep pendidikan karakter di Sekolah Alam Bambu Item menggunakan keteladanan.  Guru harus bersikap dan berperan sebagai contoh dalam pembentukan karakter anak

Sabit berdiri 22 Desember th 2007. Hampir delapan (17) tahun

Luas lahan milik sendiri 3962 m2 dan sewa lahan 5700 m2. Total 9662 m2

> Fokus pada pembentukan karakter.  Karakter yang positif dan kuat yang sangat penting bagi pemimpin masa depan

> Mengembangkan multiple intelegenti/kecerdasan majemuk dengan metode Talents Map  Setiap anak adalah cerdas. Guru bekerjasama dengan orang tua yang harus bisa menemukan dan mengasah kecerdasan tersebut.

> Kegiatan yang sangat bervariasi guna mendukung pembentukan karakter.              

  1. Berkebun; untuk membentuk sifat ulet, tanggungjawab, kerja keras

  2. SASS (Sekolah Alam Student Scout);   Kurikulum ini merupakan penggabungan dari kurikulum outbond sebelumnya, dilengkapi dengan kekuatan pembinaan Keislaman dan Lifeskill. SASS ini menyempurnakan kurikulum outbond.  Karakter yang ingin dicapai dari kegiatan SASS adalah tanggungjawab, berani, disiplin, terampil, tahan banting, taat pada Allah SWT.

  3. Literasi: membuat buku; untuk memupuk rasa percaya diri anak 

  4. Fun cooking; untuk melatih keterampilan, kemandirian, lifeskill, percaya diri

  5. Camping / OTFA : Out Trekking Fun Adventure

  6. Magang

  7. Live In

  8. Bacpacker

  9. Ekpedisi

  10. Community Service, Bakti sosial; bermanfaat untuk melatih empati anak

  11. Sains Fair; untuk melatih kemampuan anak dalam mengasah logika berfikir

Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Sekolah Alam Bambu Item termasuk kurikulum diknas ada di dalamnya.  Kurikulum ini bersifat tematik, menggunakan pendekatan yang holistik  dalam pembelajarannya. 

Secara administratif, tidak ada masalah dengan administrasi SABIT di diknas.  

Untuk kemampuan bersaing, semuanya tergantung kembali pada kemampuan anak secara individu.  Sekolah sudah memberikan bekal yang cukup dengan memberikan pembelajaran dan pendalaman materi.  Hasil UN di tahun - tahun sebelumnya juga cukup baik.  Kelulusan 100% dengan minimum angka 70.

Lulusan SABIT : SMPN, SMP Swasta, Pesantren.  Beberapa dari mereka sekarang duduk di  Perguruan Tinggi Negeri UGM, UNPAD, UI, UPN.

SMP belum ada.  Kami membuka diri akan membantu sepenuh hati jika ada orang tua siswa yang berkenan mendirikan.  

Lulusan SABIT : SMPN, SMP Swasta, Pesantren. Beberapa alumni SABIT juga berhasil masuk kebeberapa perguruan tinggi negeri seperti UI, UGM, UNPAD, UPN

Insya Allah tidak.  Pelatihan outbond yang kami berikan insya Alloh membekali siswa untuk survive dimana-pun mereka berada

DPP adalah Dana Prasarana Pendidikan.  Merupakan gabungan dari DKT Dana Kegiatan Tahunan  dan bantuan pembangunan sarana prasarana pendidikan

Dana Kegiatan Tahunan /DKT adalah administrasi  yang wajib dibayarkan setahun sekali di tiap awal tahun pembelajaran.  DKT  digunakan untuk kegiatan berenang, berkebun, outbond, camping, outing, fun cooking, literasi, sains fair, dan romadhon camp selama satu (1) tahun

Dalam penyelenggaraan pendidikannya, Sekolah Alam Bambu Item tidak mengharuskan menggunakan buku-buku paket tertentu.  Guru membuat pembelajaran berdasarkan garis tema yang telah ditentukan dan ditantang  kreatifitasnya dalam mengemas pembelajaran dan membuat worksheet  yang menarik.  Apabila orang tua memerlukan pegangan buku paket dipersilakan membeli sendiri dan digunakan untuk belajar di rumah.

Dari biaya DKT siswa mendapatkan: 

  1. Pelayanan berbagai kegiatan berenang, berkebun,  outbond, camping, outing, fun cooking, literasi, sains fair, dan romadhon camp selama outbond,  camping, outing, fun cooking, literasi, sains fair, dan romadhon camp untuk 1 th.  

  2. ATK

  3. Enam (6) jenis raport yakni Raport Al Qur’an, Raport Portfolio Bakat, Raport Narasi, Raport Akhlaq dan Leadership dan Raport Bisnis

Ada tambahan untuk ekskul, catering, dan jemputan.  Apabila kebutuhan akan biaya outing, Character Building Camp/kemping dan ekspedisi  melebihi dari anggaran sekolah maka dengan terpaksa ada tambahan biaya.  Anggaran kegiatan akan disosialisasikan kepada orang tua beberapa waktu sebelumnya

Disesuaikan juga dengan inflasi biaya pendidikan dan kebutuhan penyelanggaraan pendidikan termasuk kenaikan gaji guru yang semakin meningkat.

Sekolah Alam Bambu Item bukan hanya cocok untuk anak yang gak bisa diam/kinestetik.  Untuk anak yang pendiam pun SABIT terbukti bisa membuat mereka menjadi lebih ceria dan lincah.  Kekuatan sabit terletak pada suasana kekeluargaan yang dibina dengan baik di sekolah.  Suasana cair yang kami bina, suasana yang positif, dan penerimaan total terhadap anak terbukti bisa membantu  siswa mengatasi kekurangannya

Untuk anak yang regular, yang pertama kita lakukan adalah membuat role play/aturan main dimana mereka boleh main, dimana yang tidak. Dimana lokasi yang berbahaya, dimana yang tidak.  Pagarnya ada pada aturan main yang telah disepakati.  

Untuk Anak Berkebutuhan Khusus, telah kami siapkan gedung yang pintunya bisa dikunci dan jumlah fasilitator yang cukup untuk mengawasi

Ada enam (enam) jenis raport SABIT, yakni :

  1. Raport Al Qur’an, adalah raport yang menggambarkan kemampuan anak membaca dan menghafal Al Qur,an

  2. Raport Portfolio yang beberapa jenis kegiatan yang bisa diamati kecerdasan majemuk yang muncul.  Kedepannya raport  portofolio ini akan lebih  dikembangkan sehingga mampu menggambarkan proyek apa saja yang telah dilakukan oleh anak

  3. Raport Narasi adalah raport yang menggambarkan tingkat pencapaian kognitif anak dalam bentuk narasi

  4. Raport Akhlaq dan Leadership adalah raport yang menggambarkan hasil observasi guru atas  pencapaian akhlaq dan leadership anak tiap harinya dan saat kegiatan outbond berjalan

  5. Raport Bisnis adalah raport yang melaporkan kegiatan bisnis yang telah dilakukan dan capaian karakternya

  6. Raport Angka adalah raport standart diknas. Menggambarkan pencapaian murid dalam bentuk angka-angka


Maksimal 24 anak termasuk  2 Anak Berkebutuhan Khusus.  Guru regular 2 orang dan 1  guru pendamping

Dengan mengembangkan multiple intelejensi dan mengadakan berbagai kegiatan. Lihat no 1, 2 dan no 8

Beberapa Perguruan Tingi Negeri seperti IPB, Univ Diponegoro Semarang, UNAND Padang, UNJ, UPI, IAIN Syarif Hidayatullah, UNRI dan universitas swasta eperti YAI, Unindra, As Syafiiyah, dll.

Memang bentuk saung yang sekarang kurang ideal untuk kelas belajar.  Sabit akan berupaya untuk mengubah bentuk saung ini di lahan yang baru. 

Seharusnya kelas hanya digunakan saat istirahat. Kebanyakan aktifitasnya sebaiknya ada di luar kelas.  

Dengan aturan main yang jelas hal tersebut bisa diatasi.

Hujan adalah rahmat Allah yang harus disyukuri. Dari hujan anak mempelajari banyak hal; siklus air, sifat air, keseimbangan alam, rasa syukur, dll.  Hujan juga mengajarkan pada anak kita kekuatan dan kekebalan  alami tubuhnya.  Apabila tidak tercampur angin, pembelajaran bisa diteruskan dengan membuat lingkaran kecil di tengah kelas.

Apabila hujan bercampur angin yang kencang pembelajaran untuk sementara dihentikan dan guru menggunakan kesempatan tersebut untuk mengajak anak berefleksi, dzikir dan mendekat pada Alloh.

Ada empat (4) akses menuju SABIT :

  1. Dari arah kota Wisata, jl Raya Ciangsana.  Sebelum kantor Desa Bojongkulur belok kanan, ikuti tanda panah

  2. Dari arah Pintu gerbang Vila 2 sebelum kantor Desa Bojongkulur belok kiri ikuti tanda panah

  3. Dari arah pasar pocong, sesudah Bengkel Rama belok kanan ikutin tanda panah. Dari blok EE, belok kanan ikutin tanda panah.

  4. Akses yang paling mudah melalui jl Raya Ciangsana sebelum dan sesudah Kantor Desa Bojongkulur

Bagaimana Cara Mendaftar Sekolah di SABIT?
  1. Kunjungi website kami atau klik link berikut  PPDB SABIT

  2. Isi data formulir pendaftaran dan memilih waktu wawancara (Menggunakan GForm).

  3. Pendaftar akan mendapat salinan formulir dalam bentuk PDF via email (Agar bisa di print dan ditanda tangani + Lampiran dokumen lain).

  4. Panitia PPDB menghubungi pendaftar via WhatsApp untuk mengkonfirmasi waktu wawancara dan observasi.

  5. Pendaftar mengembalikan berkas dan tanda tangan MoU.

  6. Menyelesaikan administrasi.